Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Kota Palembang yang Terkenal

Model
Makanan model khas palembang ini mirip dengan dua makanan sebelumnya, yaitu pempek dan tekwan. Model memiliki dua pilihan bahan dasar, yaitu model ikan dan model gandum. Model biasanya disajikan dengan campuran timun, udang, bawang goreng, bihun, dan juga jamur kuping serta jangan lupa tambahkan cuka sedikit agar terasa lebih sedap.

Kemplang
Cara membuat makanan khas palembang ini dilakukan dengan cara dibakar. Ada dua jenis kemplang, yaitu kemplang ikan dan kemplang sagu. Tekstur kemplang ikan lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu. Untuk menikmati kemplang biasanya dicocol pada saus merah.

Pecah Seribu alias Kerupuk Retak Seribu
Kerupuk makanan ringan khas palembang ini rasanya khas. Teksturnya seperti pecah atau retak. Kerupuk ini cocok dinikmati bersama nasi hangat atau sebagai pelengkap tekwan maupun model. Nikmat sekali!

Pindang Patin dan Pindang Tulang
Makanan khas daerah palembang ini sangatlah terkenal. Pindang patin terdiri dari bagian kepala, badan, atau ekor. Sedangkan pindang tulang berisi iga sapi plus kuah pindang. Pindang ini rasanya sangat pedas.

Mie Celor
Makanan khas dari palembang mie celor disajikan bersama dengan kuah kental diberi tambahan daging, udang, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Mie celor dalam penyajiannya bisa ditambah dengan potongan telur ayam rebus.

Godo Godo
Makanan khas daerah palembang yang satu ini berbeda dengan gado-gado. Sebagian orang menyebut godo-godo sebagai pempek godo atau empek godo. Godo merupakan turunan dari pempek karena adonan asalnya sama dengan pempek. Hanya saja godo-godo tidak memakai daging ikan, melainkan memakai udang. Godo-godo yang disantap dengan kuah cuko pempek menjadikannya dikenal sebagai godo pempek. Kamu bisa menemukan godo-godo dijual oleh para pedagang kaki lima dengan gerobaknya di pinggir-pinggir jalan kota Palembang.

Telok Ukan
Makanan khas dari palembang yang unik ini jika diartikan dalam bahasa Indonesia mempunyai makna bukan telur. Telok ukan ada yang terbuat dari telur bebek maupun telur ayam. Proses pembuatannya pun cukup rumit karena telur bebek harus dilubangi dengan jarum terlebih dulu untuk agar isinya dapat keluar. Jika isinya sudah keluar, isi telur tersebut kemudian dicampur dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya untuk dimasukkan kembali ke dalam telur entah bagaimana caranya dan kemudian dikukus. Telok ukan ini baru bisa kamu jumpai pad saat perayaan hari kemerdekaan RI pada setiap tanggal 17 Agustus. Saat ini, telok ukan sudah sangat langka, bahkan warga palembang asli jarang yang mengetahui jenis kuliner ini.

Gulo Puan
Makanan ringan khas palembang ini berarti gula susu karena bahan pembuatannya pun terdiri dari gula dan susu. Susu yang dipakai adalah susu kerbau rawa. Daerah penghasil gulo puan yang terkenal adalah ogan komering ilir. Gulo puan dibuat dengan cara, pertama tama susu kerbau dimasak dalam kuali lalu dicampur dengan gula sambil terus diaduk selama 3 sampai 4 jam hingga susu mengental seperti karamel kering. Penyajian gulo puan bisa disandingkan dengan pisang goreng dan kopi, bahkan dapat dijadikan bahan pembuatan kue delapan jam.

Munggahan
Munggahan sebenarnya bukan nama makanan khas palembang, melainan cara makan di palembang. Munggahan biasanya dihidangkan pada saat ada acara resepsi pernikahan adat palembang. Dalam munggahan, kita diminta duduk lesehan melingkar sebanyak 8 orang. Memakan makanan dengan tangan dengan menu mirip nasi kebuli.

Gelenak
Makanan khas dari palembang ini berbentuk pipih terbuat dari tepung ketan yang diberi bumbu rempah-rempah, seerti cengkeh dan kayumanis.

Kuipau
Makanan khas daerah palembang ini berbahan baku pepaya muda yang diparut dan diberi bumbu khusus. Adonan tersebut kemudian dibungkus dengan bungkus yang terbuat dari tepung beras cair dan dimasak dikuali hingga menjadi lembaran layaknya martabak.

Mentu
Sajian makanan khas palembang ini dibungkus menggunakan daun pisang rasanya tidak terlalu manis karena dibalut dengan tepung. Berisi pepaya muda yang diparut halus dan diberi bumbu ikan atau daging untuk kemudian ditumis. Makanan ini sering disajikan pada acara pernikahan adat di palembang.

Palembang Lamonde
Makanan khas kota palembang palembang lamonde ini milik artis irwansyah setelah sukses dengan medan napoleonnya di medan. Palembang lamonde merupakan jenis bolu gulung yang diberi topping dan filling krim tebal serta taburan almond. Yummy!

Queenroll Palembang
Makanan khas dari palembang kekinian satu ini dimiliki oleh artis juga, yaitu sandra dewi. Outlet queenroll berada di Jalan Talang Kerangga. Queenroll terdiri dari beberapa varian rasa, diantaranya cheese cake original, greentea, kacang, nanas, dan juga durian.

Bolu Boju
Makanan khas daerah palembang yang satu ini banyak disajikan dalam berbagai acara adat palembang. Aroma harum yang berasal dari daun pandan dan daun sujinya ditambah rasa gurih yang berasal dari santan kelapa sangat menggugah selera. Bolu boju sangat cocok dinikmati dengan teh hangat di sore hari.

Meksipun dari sekian banyak sajian makanan khas palembang tersebut dapat kita temui di kota-kota besar di luar palembang, namun tetap saja memakan makanan khas suatu daerah secara langsung di daerah asalnya akan memberikan kesan dan kenikmatan yang berbeda. Setuju nggak? Agar lebih paham dengan palembang, ada baiknya kamu mampir ke ulasan wisata palembang supaya kamu tidak kebingungan jika suatu saat memutuskan untuk menjadikan palembang sebagai destinasi wisatamu. Selamat mengeksplore palembang!

https://tempatwisataindonesia.id/makanan-khas-palembang/

Jasa Arsitek Palembang WA 081311998489 DjavaLumintu.com

Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang




Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang

 

Jasa Arsitek Palembang WA 081311998489 DjavaLumintu.com

Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang




Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang

 

Histats