Makanan Palembang

Makanan Palembang

Makanan Khas Kota Palembang yang Terkenal
 
Kali ini kami akan membawa kamu sedikit jauh ke Pulau Sumatra, tepatnya di daerah Palembang. Siapa yang menyangka jika Palembang menyimpan ragam makanan khas yang menggugah selera? Sajian makanan khas palembang bisa membuat para perantau asli palembang rindu akan kampuang halamannyo. Jika kamu hanya tahu makanan asli palembang adalah pempek, berarti kamu harus membaca ulasan daftar makanan khas palembang berikut ini.

Pempek
Jika sedang berbicara mengenai palembang, yang pertama kali terbayang adalah pempek sebagai makanan khas kota palembang. Pempek terbuat dari daging ikan dan sagu atau tepung kanji yang biasanya dimodifikasi dengan tambahan, misalnya tahu, telur, udang, dan kulit telur. Pempek biasa disajikan bersama dengan saus cuka atau cuko pempek yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawnag putih, udang ebi dan garam. Jenis pempek pun bermacam-macam, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek panggang, dan masih banyak lagi. Hayo mana yang menjadi favorit kamu?

Tekwan
Makanan khas palembang yang satu ini tidak kalah enaknya dari pempek. Resep makanan khas palembang ini hampir sama dengan pempek, hanya saja adonan yang hampir sama dengan pempek tadi dibentuk bulatan kecil dan disajikan dengan kaldu udang untuk kuahnya, ditambah daun seledri, taburan daun bawang, bawang goreng, jamur kuping, serta bihun. Mantap sekali!

Laksan
Makanan khas dari palembang ini berbahan baku tepung sagu dan ikan. Laksan sejatinya adalah pempek lenjer yang dipotong melintang agak tebal dan disajikan bersama dengan kuah santan kental pedas.

Celimpungan
Kok namanya seperti nama jawa ya, mungkin sejarah makanan khas palembang yang satu ini bisa kamu cari sendiri melalui mesin pencarian google. Celimpungan sekilas mirip laksan bedanya ia berbentuk bulat pipih dan sedikit lebih besar dari tekwan.

Lenggang
Makanan khas daerah palembang ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan telur kocok kemudian ditaruh diatas daun pisang untuk dimasak dengan cara dipanggang di atas arang. Rasanya lezat dan gurih serta ada tambahan aroma yang khas keluar dari daun pisang yang terbakar.

Bluder
Makanan khas palembang ini sudah ada sejak zaman kesultanan palembang yang hingga kini masih bisa ditemui. Bahan yang digunakan untuk membuat bluder ini diantaranya telur ayam, gula pasir, tepung terigu, santan, ragi instan, margarin, dan minyak goreng. Bluder dibuat dengan cara dipanggang dengan rasa manis.

Manan Samin
Makanan khas dari palembang manan samin merupakan bolu ubi yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan. Biasanya bolu manan samin ini disajikan pada acara-acara pernikahan Wong Palembang asli. Rasanya manis pas di lidah dan beraroma khas ubi dan pandang yang harum. Hmmm.. jadi penasaran ingin mencoba deh.

Engkak Medok dan Engkak Kecut
Makanan khas palembang yang unik satu ini adonannya tidak menggunkaan gula, sehingga cocok bagi kamu yang sedang diet atau tidak terlalu suka dengan makanan manis. Engkak medok dan engakak kecut dapat kamu temui jika kamu membeli paket makanan khas palembang harum. Coba saja cek akun dan memesan kuliner ini via instagram @palembangharum untuk mencicipi rasa dari kedua jenis engkak ini.

Bawang Goreng Pedas
Sajian makanan khas dari palembang ini bukan bawang goreng biasanya. Biasanya bawang goreng bercita rasa gurih, namun yang satu ini mempunyai rasa pedas yang lezat, renyah, dan bikin ketagihan. Bawang goreng pedas ini banyak dijual di carefour di seantero kota palembang dan minimarket di sekitar palembang.

Ikan Salai
Makanan khas palembang yang satu ini berupa ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Jenis ikan yang diawetkan pun beragam, mulai dari ikan gabus, patin, sampai ikan lais. Ikan salai biasanya diolah menjadi pindang ikan salai maupun digoreng sebagai lauk pauk.

Adaan
Sejarah makanan khas palembang adaan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Adaan merupakan sejenis pempek yang bentuknya berbeda. Bentuk adaan hanya bulat dan rasanya gurih. Adaan dapat dijadikan buah tangan bagi kamu yang berkunjung ke palembang.

Ragit
Makanan khas kota palembang ragit ini tentunya berbeda dengan ragit indramayu. Ragit palembang lebih mirip dengan makanan khas india yang dikenal dengan roti jala dibalut kuah kari. Paduan rasa asin, manis, dan sedikit pedas menjadikan ragit primadona pecinta kuliner. Sayangnya, ragit di palembang mulai langka dan hanya ditemui di acara-acara tertentu saja.

https://tempatwisataindonesia.id/makanan-khas-palembang/


Jasa Arsitek Palembang WA 081311998489 DjavaLumintu.com

Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang




Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang

 

Jasa Arsitek Palembang WA 081311998489 DjavaLumintu.com

Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang




Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang

 

Histats