Masakan Khas Palembang

Masakan Khas Palembang

Makanan Khas Kota Palembang yang Terkenal

Kue Gandus
Makanan khas palembang kue gandus dibuat dari tepung beras dan tepung kanji. Teksturnya legit dan lembut. Penyajian kue gandus biasanya ditambah dengan ebi ataupun abon, daun selederi, potongan cabe merah, dan taburan bawang goreng. Rasanya asin pedas dan gurih, cocok untuk cemilan di pagi hari.

Kue Lumpang
Makanan khas palembang dan cara membuatnya dengan dikukus ini berwarna hijau biasa disantap dengan taburan kelapa di atasnya. Dinamakan kue lumpang karena terdapat lubang di tengahnnya layaknya lumpang yang ada di dapur. Teksturnya pun empuk dan lembut, rasa manisnya cocok di lidah orang Indonesia pada umumnya.

Kue Srikaya
Makanan khas daerah palembang ini sama sama dicetak dengan cetakan yang sama dengan kue lumpang. Bedanya, hijau kue srikaya tidak sehijau kue lumpang dan teksturnya tidak selengket kue lumpang.

Kue Dadar Jiwo
Makanan kue khas palembang yang unik satu ini terinspirasi dari pistel. Berisi pepaya muda yang ditumis dengan santan dan dibungkus kulit terbuat dari telur, terigu serta air. Tidak lupa diberi topping irisan cabai merah dan bawang goreng.

Engkak Ketan
Makanan asli palembang ini berupa kue manis terbuat dari tepung ketan dan santan. Engkak ketan banyak ditemui di setiap rumah warga palembang pada perayaan hari idul fitri.

Pangsit Ikan
Makanan ringan khas palembang ini berasal dari olahan daging ikan dan dibungkus menggunakan kulit pangsit. Disajikan bersama dengan kuah tekwan menjadi lebih lezat dan segar.

Burgo
Burgo makanan khas palembang terbuat dari tepung beras yang jika diiris terlalu kecil akan mirip dengan kwetiaw. Burgo dihidangkan dengan kuah santan yang pedas. Cocok disantap bersama dengan laksan dan tambahan telur ayam rebus. Tertarik untuk mencoba?

Lakso
Makanan khas kota palembang lakso atau laksa berbentuk layaknya mie. Lakso berbahan baku sama seperti burgo, hanya saja kuah lakso berbeda dengan kuah burgo. Lakso cocok disantap dengan celimpungan. Wah seperti apa ya rasa aslinya?

Sambal Tempoyak
Makanan khas dari palembang selanjutnya adalah sambal tempoyak. Sambal ini berbahan baku buah durian yang biasanya dihidangkan bersama dengan pindang. Sambal tempoyak saat ini sudah mulai susah ditemui dan jarang ada yang menjualnya karena kebanyakan sekarang sambal ini hanya dibuat untuk dikonsumsi sendiri.

https://tempatwisataindonesia.id/makanan-khas-palembang/

Jasa Arsitek Palembang WA 081311998489 DjavaLumintu.com

Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang




Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang

 

Jasa Arsitek Palembang WA 081311998489 DjavaLumintu.com

Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang




Jasa Arsitek Desain Rumah Palembang

 

Histats